Cara Mengatur Keuangan

Menemukan cara mengelola keuangan perlu dilakukan segera mungkin sejak masih usia muda. Harapannya masa depan kamu dapat terjaga dan mempunyai tabungan bila terjadi hal-hal yang mungkin diluar kendali kita.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan panduan mengatur keuangan dengan mudah.

Cara Mengatur Keuangan Agar Hemat dan Tidak Boros

Mengatur keuangan tidak semudah yang dibayangkan, kamu perlu melakukan latihan sampai mendapatkan cara mengatur keuangan yang sesuai. Yuk simak panduan berikut.

1. Menyusun Perhitungan Pengeluaran Dan Pemasukan

Hitung total pemasukan kamu dan catat pula alokasi pengeluaran. Sehingga kamu bisa mengetahui kira-kira berapa uang yang tersisa dan bisa kamu alokasikan untuk yang lain.

Selain itu, kamu bisa mengetahui manakah post keuangan yang bisa dkurangi jumlahnya sehingga kamu bisa belajar menghemat pengeluaran.

2. Alokasi Dana Sosial Sebesar 10%

Dana sosial bisa berupa bersedekah, iuran kebersihan dan iuran RT. Cukup 10 % dari total pendapatan kamu. Misalnya, kamu bergaji 4 Juta, maka alokasi dana sosial sebesar 400 ribu.

3. Cicilan Maksimal 30%

Beberapa pendapat, menyebutkan kondisi keuangan kamu sehat bila cicilan tidak lebih dari 30% total penghasilan kamu.

4. Dana Darurat Dan Investasi Sebesar 15%

Dana darurat dan investasi bisa kamu sesuaikan tergantung kebutuhan kamu, bisa lebih banyak dana darurat atau investasi. Kamu bisa menyisihkan 15% dari pendapatan kamu. Misalnya gaji kamu 3 Juta, maka sisihkan 450 ribu untuk dana darurat dan investasi.

5. Jangan Lupa Tabungan 10%

Dana tabungan ini dapat digunakan untuk membeli kebutuhan yang kamu butuhkan sewaktu-waktu. Biasanya tidak terlalu mendesak, bisa direncanakan sebelumnya ataupun tidak. Misalnya perhiasan, liburan keluarga, tv baru dan sebagainya.

Nah, kamu bisa cek bagaimana cara menabung berikut ini agar keuangan kamu tidak boncos.

6. Biaya Hidup Sehari-Hari 30%

Alokasikan dana keperluan hidup sehari-hari, seperti: membayar tagihan PDAM, listrik, belanja bulanan, perlengkapan bayi (kalau kamu sudah punya anak) dan masih banyak lagi sebesar 30% dari total gaji kamu.

7. Gaya Hidup 5%

Bekerja terkadang begitu melelahkan, kamu perlu sedikit refreshing. Alokasikan sebesar 5% untuk biaya kamu bersenang-senang.

Pilih yang sesuai dengan keinginan kamu, jangan hanya ikut-ikutan teman tapi tidak sesuai. Kamu bisa pergi nonton film, liburan keliling kota atau makan bersama keluarga.

Tips Ampuh Mengatur Keuangan

Setelah kamu mengatur alokasi keuangan, selanjutnya lakukan tips mengatur keuangan berikut.

1. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Mengurangi penggunaan kartu kredit akan membuat keuangan kamu lebih sehat. Jangan sampai kamu tergiur dengan kemudahan kartu kredit. Akhirnya, kredit kamu menumpuk dan kamu bingung membayarnya.

2. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Meskipun kamu sudah tahu jumlah pendapatan dan pengeluaran tiap bulan. Kamu perlu mencatat pengeluaran dan pemasukan tiap hari. Agar kamu tahu kapan saatnya uang butuh dihemat.

3. Buat List Waktu Membayar Tagihan

Kamu bisa membuat catatan kapan kamu harus membayar tagihan atau pengingat di kalender hp kamu.

Cara ini agar tagihan kamu tidak terkena denda bahkan membengkak karena kamu telat membayarnya.

Cukup sekian artikel kami terkait panduan mengatur keuangan, semoga membantu kamu dalam menghemat keuangan dan mengalokasikannya lebih sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Tips Menabung