Tips Menabung

Menabung sejatinya bisa dilakukan oleh siapapun. Namun, terkadang menabung dirasa sulit apalagi kalau kamu belum terbiasa mengelola keuangan.

Tak bisa dipungkiri, di jaman yang serba online sekarang ini keinginan untuk memiliki barang akan semakin tinggi, uang juga akan habis begitu saja.

Apalagi embel-embel diskon dan  promo akan membuat kita membeli barang atau makanan yang sebenarnya sedang tidak kamu butuhkan.

Tips Menabung yang Baik dan Benar

Setiap orang memiliki tujuan menabung yang berbeda-beda. Ada yang ingin menabung untuk membeli rumah, biaya pernikahan  bahkan modal usaha.

Agar menabung bisa mencapai tujuan yang kamu inginkan, sebaiknya kamu  megetahui tips-tips menabung terlebih dahulu. Yuk simak tips menabung berikut agar semakin menguntungkan.

1. Miliki Impian dan Tujuan

Memiliki impian menjadikan motivasi menabung semakin tinggi. Renungkan dan catat apa saja yang menjadi taregt atau impian kamu. Misalnya, impian ingin beli motor, rumah bahkan travelling.

Tulislah impian dan tujuan keuanganmu di secarik kertas, lalu tempel di kamar atau lokasi yang mudah kamu lihat.

Dengan begitu, saat kamu melihat tulisan tujuan menabung kamu, maka kamu tidak akan khilaf membeli sesuatu yang tidak diperlukan.

2. Ciptakan Kebiasaan Keuangan yang Sehat

Ciri-ciri keuangan sehat antara lain punya cukup uang untuk membiayai pengeluaran penting, punya dana darurat, memiliki tabungan dan investasi untuk masa depan dan  jumlah utang tidak lebih dari 30% dari pendapatan.

3. Wajib Berhemat

Berhemat akan membantu kamu mengurangi pengeluaran. Berikut beberapa tips berhemat yang bisa kamu lakukan:

Stop Biaya Berlangganan

Kamu bisa memberhentikan biaya langganan yang kurang diperlukan misalnya tv kabel, streaming musik, streaming film dan masih banyak lagi.

Meskipun jarang kita gunakan, biaya berlangganan setiap bulan ini bisa memakan porsi besar pengeluaran kamu loh.

Bawa Bekal Dan Mengurangi Jajan

Untuk karyawan atau mahasiswa, biasanya salah satu pengeluaran terbesar untuk biaya makan dan membeli minuman.

Memasak sendiri dan membawa bekal dari rumah memang sedikit repot, tapi akan menghemat pengeluaran kamu sampai 60%.

Membeli Barang yang Awet

Melihat barang yang murah akan mudah tergoda. Namun, barang yang terlalu murah biasanya cepat rusak padahal baru dipakai satu minggu.

Daripada membeli barang murah tapi cepat rusak, lebih baik agak mahal sedikit tapi kualitas bagus dan mampu bertahan lama.

4. Mencari Penghasilan Tambahan

Selain berhemat, kamu juga bisa menambah penghasilan agar dapat menambah tabungan. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba:

Jual Barang Bekas Dan Menerapkan Hidup Minimalis

Menimbun barang yang tak terpakai karena menganggap akan  berguna suatu hari, bukanlah hal yang baik.

Oleh karena itu, daripada melihat tumpukan barang di rumah kita, lebih menjualnya. Karena barang bekas akhir-akhir ini juga banyak pemintanya.

Memiliki pemasukan sampingan bisa menambah pemasukan kamu dan menyehatkan keuangan.

Pemasukan bisa didapat melalui pekerjaan paruh waktu, mengajar atau memberikan training sesuai keahlian kamu.

5. Pilih Tabungan dengan Banyak Keuntungan

Saat memilih tabungan, faktor penting yang perlu kamu pertimbangkan adalah besarnya biaya administrasi bulanan dan biaya transaksi lainnya.

Pastikan kamu memilih tabungan yang memberi keuntungan besar dan biaya administrasi bulanan yang kecil, agar kamu tidak khawatir saldo kamu terpotong banyak untuk membayar biaya administrasi bank.

6. Investasi

Anda bisa mulai investasi untuk memaksimalkan return tabungan. Secara umum nabung dengan investasi memang berbeda, investasi memiliki risiko tetapi jika risiko yang ada bisa kamu ukur dan Kelola dengan baik dapat memberikan keutungan yang besar di masa mendatang.

Untuk belajar tentang investasi dan finansial bisa membaca di website vinansio.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post
Rekomendasi-Macbook-yang-Bagus

4 Rekomendasi Macbook untuk Kerja, Tampak Elegan dan Mewah

Next Post

Cara Mengatur Keuangan